Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Map Udah 15 Tahun

Phones Bridge Google Maps Icon
Kemarin malam, ada pemandangan yang tidak biasa yang terpantau dari ponsel saya. Setelah saya perhatikan dengan lebih seksama, teranyata ikon dari Google Maps di ponsel saya berubah. Dari yang sebelumnya ikonnya berupa map dengan pin location, kini berubah tampilan menjadi lebih sederhana, yaitu dengan hanya ikon pin location saja. Perubahan ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh sih, cuma ketika saya mau jalan dan ingin mengaktifkan aplikasi Google Map tentu agak bingung. Ini dikarenakan ikonnya yang berubah saya pikir aplikasinya hilang. Hehe.. Tetapi setelah terbiasa membuka aplikasi Google Map yang ikonnya telah berubah, kini rasanya aman aman saja. Saya tentu penasaran kenapa ikon dari aplikasi Google Map ini berubah. Setelah saya cari informasi di Internet tentang perubahan ikon Google Map, ternyata saya mendapati Google Maps udah berusia 15 tahun. Wow, tentunya dengan usia 15 tahun Google Maps sudah sangat lama menjadi navigator di beberapa platform.


Phones Bridge Google Maps Menu Icon



1. Fitur Commute


Salah Satu fitur andalan Google Maps yang selalu saya pakai adalah Commute. Fitur Commute ini sangat berguna apabila saya akan bepergian tetapi ingin menhindari macet karena sedang terburu buru. Dengan fitur Commute ini, Google Maps melakukan penghitungan serta pemilihan rute tercepat yang dituju. Sebagai contoh, saya berada dikantor harus cepat pulang kerumah untuk mengantar anak les. Disini saya dalam kondisi sudah menandai poisi koordinat lokasi tempat saya bekerja dan rumah. Dengan lokasi yang sudah ditandai, Google Maps secara Real Time memilihkan rute terbaik untuk saya sehingga saya pulang melalui rute tercepat dengan resiko macet yang dikurangi. Selain memberikan rute tercepat, fitur Commute ini memberikan alternatif rute dengan jarak tempuh dengan waktu yang tidak terlalu berbeda sehingga kita bisa mendapat pertimbangan jalan mana yang akan dipilih.  


2. Fitur Explore

Explore sebenarnya suatu fitur dari Google Maps yang tidak terlalu baru. Fitur ini sudah cukup lama ada, mungkin sekitar satu tahun atau satu setengah tahunan ini ada di Google Maps. Meskipun begitu fitur ini sangat berguna untuk orang orang yang suka bepergian. Lewat fitur ini traveller tidak akan terlalu susah mencari informasi berbagai tempat atau fasilitas umum seperti:

  • Restoran
  • Coffee Shop
  • SPBU / Pom Bensin
  • Apotek
  • Hotel
  • ATM
  • Pusat Perbelanjaan
  • Dll.
Menurut saya, Fitur Explore ini adalah fitur dari Google Maps yang paling digunakan orang. Sebagai contoh saya sendiri sering menggunakan aplikasi ini untuk mencari tempat makan. Apabila ditambah dengan fitur Google Lens maka kita bisa melihat lokasi yang lebih spesifik dari tempat yang kita cari hanya melalui tampilan layar di menu kamera ponsel kita.

3. Fitur For You

For You ini sebenarnya adalah fitur pendukung dari dua fitur baru Google Maps, yaitu Explore dan Commute. Fitur For You ini sepertinya adalah fitur semacam fitur yang berguna sebagai Rekomendasi yang mungkin menarik bagi kita. Sebagai contoh, apabila saya seorang penyuka kopi, melalui fitur For You ini akan direkomendasikan beberapa jenis Coffe Shop yang mungkin akan membuat kita tertarik. Atau mungkin juga saya yang sebagai seseorang yang gemar makan bakso, For You akan memberikan daftar rekomendasi bakso mana saja, yang tentunya enak untuk dapat kita coba.

Baca juga:  Juri Itu Bernama DXOMark

4. Video Ulang Tahun

Kemarin, saat saya membuka Google Maps dengan ikon yang baru. Ternyata ada semacam pemberitahuan yang berhubungan dengan Peringatan 15 Tahun Google Maps. Dimaps tersebut ada semacam animasi yang terdiri dari balon berwarna warni yang membentuk location pin. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada video dibawah ini:



Sebuah video peringatan ulang tahun yang menarik dari Google Maps. Meskipun sudah agak terlambat, tetapi hari ini saya mau mengucapkan "Happy Birthday Google Maps". Memasuki usia yang ke 15, semoga semakin banyak inovasi yang dibuat oleh Google Maps yang semakin memudahkan kehidupan kita.

Akhir kata, sekian review dari peringatan "Google Map Udah 15 Tahun", apabila teman teman ingin berbagi tentang pengalaman menggunakan Google Maps, kalian bisa tuliskan dikolom komentar ya. Terima Kasih sudah mampir Phones Bridge. Sampai Jumpa di postingan berikutnya guys. 

Posting Komentar untuk "Google Map Udah 15 Tahun"