Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan di ponsel dapat digunakan untuk menemukan lokasi anda

Pernahkah anda berpikir bahwa bagaimana sebuah aplikasi ponsel bisa menjadi sangat menguntungkan bagi perusahaan? Tentu bagi anda yang sudah mengetahui dunia periklanan, Adsense adalah jawabannya. Tetapi sebenarnya sebuah aplikasi bisa sangat menguntungkan dari segi pembukaan slot iklan.

Coba anda bayangkan, apabila sebuah aplikasi yang anda buat diunduh lebih dari 10 ribu kali berapa penghasilan yang anda dapatkan dari pihak penyedia aplikasi Android atau iOS jika anda memonetize aplikasi anda. 

Jika jumlah download semakin tinggi dan aplikasi anda semakin populer, maka rating aplikasi anda akan semakin naik. Hal ini membuat aplikasi yang anda buat mempunyai nilai jual tinggi, sehingga akan banyak advertiser yang rela membayar harga tinggi demi bisa menampilkan iklan pada aplikasi anda.

Sebuah laporan terbaru dari Forbes mengungkapkan bahwa perusahaan Israel yang bernama "Bsightful" memanfaatkan iklan dari ponsel seluler dengan cara yang sangat cerdik. Dengan menggunakan informasi yang ditawarkan secara bebas tentang pengguna dari sebuah pengembang aplikasi, perusahaan tersebut dapat menemukan hampir semua orang. Bahkan seseorang dengan informasi yang sangat minim sekalipun. 

keamanan iklan pada smartphone
keamanan iklan pada smartphone (melacak seseorang melalui iklan di ponsel)


Bsightful menjual akses data ini kepada siapa pun yang mau membayar. Biasanya yang membutuhkan informasi ini adalah beberapa perusahaan atau advertiser yang ingin mempromosikan produk atau perusahaannya agar dikenal dengan cara melakukan promosi pada aplikasi ponsel.

Bsightful adalah perusahaan yang sangat tertutup. Forbes hanya bisa mendapatkan informasi mengenai perusahaan ini seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal. Perusahaan yang memanfaatkan iklan untuk dijadikan bisnis. 

Namun, laporan tersebut menggambarkan betapa mudahnya mengumpulkan informasi lokasi melalui iklan pada sebuah smartphone. Hal ini berpotensi sangat membahayakan keamanan smartphone anda.
Bagaimana iklan seluler bisa melakukan pelanggaran pada keamanan smartphone?

Misalkan anda adalah pengiklan. Jika ingin membeli ruang iklan dalam aplikasi seluler, tentu anda ingin memastikan orang yang menggunakan aplikasi itu adalah orang yang sama yang berpotensi membeli produk anda, bukan? Misalnya, jika anda menjual sampo untuk rambut, anda pasti tidak ingin beriklan dalam aplikasi otomotif, karena pengguna tersebut tidak akan membeli sampo rambut.

Untuk membantu mencocokkan pengiklan dengan audiens aplikasi yang tepat, ada yang dinamakan DSP (Demand Side Platforms). Dengan menggunakan DSP, pengembang aplikasi akan mengunggah informasi data pengguna mereka dan pengiklan akan menggunakan informasi tersebut untuk mencari tahu tempat terbaik untuk iklan mereka.

Menurut Forbes, Bsightful membuat shell DSP dengan tujuan khusus hanya mengumpulkan data pengguna yang ditawarkan secara bebas ini dari pengembang aplikasi. Sesekali mereka mungkin menayangkan iklan untuk menjaga image mereka agar seperti perusahaan penyedia iklan. Tetapi shell DSP berbicara tentang data. 

Ada dugaan bahwa Bsightful kemudian dapat menjual informasi tersebut kepada pemerintah, polisi, atau organisasi lain. Meskipun data yang dikumpulkan dari metode ini hampir tidak seakurat pengumpulan data lokasi langsung, data tersebut masih cukup akurat untuk membahayakan keamanan smartphone anda. 

Dalam kondisi tertentu, organisasi tersebut dapat menemukan lokasi seseorang dalam akurasi satu meter hanya dengan menggunakan nomor telepon.

Tentu saja, agar ini berfungsi dalam melacak seseorang, anda akan memerlukan aplikasi yang sesuai di ponsel anda dan mengizinkan aplikasi tersebut menggunakan informasi anda untuk iklan. Pengguna yang sangat ketat dengan izin aplikasi pada smartphone mereka dan menggunakan pemblokir iklan secara umum akan lebih sulit dilacak dengan cara ini.

Jadi bagi anda yang sering memasang aplikasi dari website tidak resmi, atau mungkin memasang aplikasi dari website resmi sekalipun seperti Play Store dan App Store. Mulai sekarang anda harus mulai peka dan sadar mengenai penting masalah privasi dan keamanan dalam penggunaan ponsel. 

Karena jika anda lengah, bisa jadi data personal diri anda bisa disalahkan oleh orang orang yang tidak bertanggung melalui aplikasi tidak resmi yang anda pasang pada smartphone anda.

Posting Komentar untuk "Iklan di ponsel dapat digunakan untuk menemukan lokasi anda"