Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Yang Disebut Dengan FTP

Mengenal Apa Yang Disebut Dengan FTP

Bagi anda yang mungkin sudah tidak asing lagi dengan dunia Teknologi Informasi, istilah FTP adalah sesuatu hal yang mungkin sering anda gunakan sehari entah dalam bekerja atau kegiatan sehari hari yang membutuhkan pengiriman data secara tepat dan cepat. Tetapi buat anda yang tidak mengerti dunia Teknologi Informasi pasti banyak yang belum tau istilah tersebut tetapi mungkin pernah menggunakan FTP.

Pengertian FTP

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol. Secara singkat FTP adalah sebuah kemampuan yang bisa dilakukan dengan layanan internet dimana kita sebagai user melakukan pertukaran file. Bisa upload, download, bahkan mungkin bisa read, write, edit dan delete pada sebuah file. FTP ini biasanya terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu FTP Server dan FTP Client. Proses pertukaran data terjadi biasanya adanya request dari salah satu pihak (Server atau Client).

Bagaimana FTP Bekerja

Sebelum anda bisa menggunakan FTP, anda terlebih dulu terhubung dalam jaringan yang sama atau minimal mempunyai koneksi internet. Jika anda sudah mempunyai koneksi internet, pilihlah salah satu satu aplikasi FTP Client. Mungkin yang mungkin familiar adalah FileZilla, tetapi beberapa kasus. Untuk sebuah ponselpun bisa melakukan fugsi FTP juga dengan fitur bawaan ponsel tersebut. Proses pertukaran data melalui FTP ini biasanya akan divalidasi dengan menggunakan username dan password tetapi dalam beberapa kasus ada juga bisa tanpa username dan password. Ini terjadi pada FTP antara ponsel dan PC / Laptop. Nah untuk dapat mengakses FTP server biasanya akan diberikan suatu alamat khusus yang menjadi tempat server tersebut. Biasanya dimulai dengan ftp:\\192.168.x.x. Jika alamat dan password sudah kita tuliskan barulah kita bisa melakukan akses terhadap file.

Kelebihan Menggunakan FTP


  • Transfer berbagai file menjadi lebih praktis.
  • Bisa sebagai media backup, entah itu website atau file.
  • Sudah dilindungi sistem keamanan terenkripsi.


Kekurangan Menggunakan FTP

  • Keamanan data bergantung pada sistem keamanan enkripsi. Jika ada FTP tanpa menggunakan sistem keamanan yang terenkripsi, FTP menjadi tidak aman untuk digunakan untuk aktivitas transfer data dan informasi.
  • Minimnya informasi dari client.


Kesimpulan

Menggunakan FTP akan membuat pekerjaan anda yang memerlukan akses untuk mengelola file atau website menjadi lebih praktis. Jika anda ingin memindahkan file dari ponsel ke komputer atau PC, kini tidak lagi harus mencari kabel data dan mencolokkan ke ponsel dan PC / Laptop. Cukup dengan FTP memindahkan file bisa anda lakukan dengan mudah.


Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Yang Disebut Dengan FTP "